REGULASI UMY OTOCONTEST 2016
MINGGU 17 APRIL 2016 - SPORTORIUM UMY
KETENTUAN UMUM
1. Terbuka untuk umum, perseorangan ataupun klub.
2. Penilaian lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni showbike.
3. Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB). Khusus kelas Retro Kustom bisa memakai rangka baru atau buatan sendiri (handmade), dan boleh mengambil rangka merek lain atau dicustom ulang.
4. Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi dalam situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan motornya.
5. Pada saat lomba, semua motor yang terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutak-atik, dibawa keluar area penjurian atau dibawa pulang, kecuali terjadi force majeure.
6. Peserta "dilarang keras menyalakan/menghidupkan mesin" motor selama lomba. Kecuali untuk test jalan/scrutineering dan pemotretan.
7. Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.
8. Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan barang-barang psikotropika.
9. Dilarang merokok dan wajib menjaga ketertiban serta kebersihan arena kontes.
10. Peserta wajib ikut technical meeting yang ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.
11. Baik yang hadir dan/atau tidak selama technical meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan juri.
12. Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
13. Dewan juri tidak ada hubungannya dengan rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal untuk peserta selama kontes berlangsung.
KETENTUAN KHUSUS
1. Regulasi ini adalah regulasi standar milik Ototrend. Dilarang keras mengutip, menyalin, mengcopy ataupun 'memodifikasi' tanpa ijin tabloid Ototrend. Pihak-pihak yang ingin menggunakannya diwajibkan menghubungi redaksi Ototrend dan harus menjalin bekerja sama dengan Ototrend. Memakai tanpa ijin, adalah pencurian intelektual.
2. Semua motor “wajib” didokumentasikan/diphoto oleh fotografer tabloid Ototrend - Jawa Pos / Indopos Group. Jika menolak, panitia berhak mendiskualifikasi. Untuk kepentingan publikasi, pemotretan dan liputan, seluruh motor peserta kontes sepenuhnya menjadi hak milik Ototrend Media Group.
3. Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang / kalah.
4. Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
PELAKSANAAN & PENDAFTARAN
1. Kontes/show digelar hari Minggu, 17 April 2016.
2. Tempat pendaftaran kontes/show di depan sportorium (UMY) atau digedung G6 lantai 1 (UMY) & lokasi kontes/show di gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Bantul, DIY Indonesia.
3. Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa mendaftar langsung ke lokasi, bisa mendaftar via telpon / fax / transfer bank dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti. Namun jika terlambat saat loading in, tetap dikenakan pengurangan point.
4. Panitia tidak menerima penambahan pendaftaran baru pada saat lomba.
5. Jumlah peserta terbatas untuk 250 motor. Setiap peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas dalam setiap satu motor.
6. Segala bentuk booking peserta hanya berlaku jika peserta sudah resmi membayar biaya pendaftaran, baik itu dengan pendaftaran langsung di sekretariat HMM (Gedung G6 lantai 1) ataupun via transfer rekening bank.
BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN
1. Biaya pendaftaran semua kelas Rp. 150.000 per kelas / motor.
2. Peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas, sesuai regulasi masing-masing kelas.
3. Wajib menyerahkan satu lembar fotocopy kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB.
4. Untuk motor baru dari dealer yang belum mendapatkan STNK/BPKB dari pihak samsat/ kepolisian, wajib melampirkan copy surat keterangan jalan yang berisi spesifikasi motor, nomor mesin dan nomor rangka.
TECHNICAL MEETING
1. Minggu 17 April 2016, pukul 08.30 WIB, di gedung Sportorium, UMY.
2. Peserta wajib mengikuti technical meeting. Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua ketentuan lomba.
3. Pasca technical meeting, peserta diberi 30 menit waktu untuk pindah kelas / tambah kelas, tetapi tidak boleh mencabut pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak menerima lagi “ganti/pindah kelas”.
LOADING IN
1. Loading in dimulai hari Sabtu 16 April 2016 mulai pukul 21.00 hingga Minggu, 17 April 2016 pukul 08.30 waktu setempat. Tidak ada dispensasi untuk peserta luar kota dan tidak ada waktu tambahan untuk bersih-bersih motor, jadi diharap peserta bisa mempersiapkan waktunya sebaik mungkin.
2. Peserta yang datang lebih dari waktu yang ditentukan (terlambat) mendapatkan pengurangan 10 point/jam. Peserta yang terlambat lebih dari waktu dispensasi, dikenakan pengurangan 50% dari total poin.
3. Check in (memasukan motor ke arena kontes/show) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
4. Mulai Minggu 17 April 2016 pukul 08.30 waktu setempat motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.
5. Panitia tidak memberikan dispensasi waktu terakhir bagi peserta luar kota dan tetap mendapatkan pengurangan poin.
6. Peserta yang terlambat check in hingga batas waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan memajang motornya.
7. Peserta yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.
SCRUTINEERING
1. Semua mesin motor harus hidup dan bisa dipakai (layak jalan dan fungsional) melalui discrut dengan test jalan. Noka dan nosin harus sesuai STNK/BPKB.
2. Semua komponen test jalan seperti fuel, gas dan rem harus berfungsi sempurna.
3. Sirkuit test jalan berupa trek lurus sepanjang 50 – 100 meter dengan cone (kondisional).
HAK & KEWAJIBAN PESERTA
1. Mendapatkan fasilitas stiker scrut, stiker Ototrend/sponsor, T-shirt, marchandize sponsor dll
2. Boleh membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.
3. Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor sebelum waktu penilaian dengan waktu dan tanda yang ditentukan panitia.
4. Semua peserta memperoleh perlakuan dan hak sama harus menaati seluruh regulasi / tata tertib yang ada.
5. Peserta diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display secara terbatas.
6. Tidak dibenarkan mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh team juri.
7. Peserta diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.
DEWAN JURI & PENJURIAN
1. Penilaian kontes akan dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yakni juri senior Ototrend.
2. Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.
3. Penjurian dilakukan secara terpadu, komprehensip dengan jadual dan waktu yang telah ditentukan selama kontes berlangsung.
4. Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
5. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
HASIL LOMBA CLASS CATEGORY
1. Class Category ada 9 kelas, dengan rincian per kelas terlampir di bawah.
2. Tiap Class Category diambil 5 juara (juara 1, 2, 3, 4, 5).
3. Semua juara akan mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan.
4. Uang pembinaan hanya untuk juara 1, 2, dan 3 saja.
5. Pengumuman juara hari Minggu 17 April 2016 pukul 19.00 waktu setempat.
CLASS CATEGORY*
1. MOTHAI OPEN
2. FASHION DAILY SPORT/BEBEK
3. FASHION DAILY MATIC
4. STREET RACING SPORT/BEBEK
5. STREET RACING MATIC
6. AIRBRUSH OPEN
7. CUSTOM MODIFY
8. RETRO MODIFY/JAPSTYLE
9. RETRO KUSTOM OPEN
HASIL LOMBA THE BEST CATEGORY
1. The Best Category ada 28 buah Trophy dengan rincian tiap The Best terlampir dibawah.
2. Tiap The Best Category hanya diambil 1 juara (The Best) saja.
3. Semua juara (The Best) akan mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan.
4. The Best Category tidak ada uang pembinaan.
5. Peserta yang sudah mendaftar di Class Category maka otomatis sudah terdaftar dalam penjurian 28 The Best Category tanpa harus mendaftar lagi.
6. Jika ada peserta yang hanya ingin mengikuti di The Best Category saja(tanpa mendaftar dalam Class Category) tetap diperbolehkan, namun untuk pendaftarannya cukup mendaftar satu kali saja sebesar Rp. 150.000,-/motor, maka motor akan masuk daftar penjurian untuk memperebutkan 28 trophy The Best Category.
7. Pengumuman juara hari Minggu, 17 April 2016 pukul 19.00 waktu setempat.
THE BEST CATEGORY*
1. THE BEST MOTHAI MATIC
2. THE BEST MOTHAI BEBEK
3. THE BEST MOTHAI SPORT
4. THE BEST CAFE RACER
5. THE BEST CHOPPY CUB
6. THE BEST STREET CUB
7. THE BEST OLD SCHOOL
8. THE BEST SCRAMBLER
9. THE BEST STREET/FLAT TRACKER
10. THE BEST CHOPPER/BOBBER
11. THE BEST STREET FIGHTER
12. THE BEST SPORT FAIRING
13. THE BEST ENGINE LOOK
14. THE BEST ACCESORIES
15. THE BEST KUSTOM ACCESORIES
16. THE BEST STICKER ON GRAPHIC
17. THE BEST PARTICLE PAINT
18. THE BEST GRAPHIC AIRBRUSH
19. THE BEST REALIST AIRBRUSH
20. THE BEST CUSTOM OEM BODY WORK
21. THE BEST CUSTOM BODY WORK
22. THE BEST CUSTOM DRESS UP UNDERCARRIAGE
23. THE BEST CUSTOM UNDERCARRIAGE
24. THE MOST PEOPE CHOICE
25. THE HOTTEST FASHION STYLE
26. THE HOTTEST RACING STYLE
27. THE HOTTEST CUSTOM STYLE
28. THE KING OF UMY OTOCONTEST 2016
*Rincian per Class Category & The Best Category ada dibawah.
RINCIAN REGULASI PER KELAS & PER THE BEST
CLASS CATEGORY:
MOTHAI OPEN
1. Kelas modif untuk motor bebek, sport & matic, yang dimodif minim, bergaya modif Thailand Style.
2. Model/style bebas, termasuk daily use style atau daily street racing.
3. Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal gaya Thailand Style.
4. Maksimal “bodi masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
5. Transfer body / kawin silang “body part” dengan varian lain tidak diperbolehkan.
6. Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom, diganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol dan wajib dipasang lampu. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang spion dan platnom.
7. Dilarang mengcustom/bor/coak atau memotong body, kecuali untuk media pembantu pemasangan asesoris (stabiliser, selang oli/bahan bakar), maksimal diperbolehkan melepas part/sub body (90 persen body utuh)
8. Cat ulang diperbolehkan, warna polosan tanpa grafis, boleh beda warna per sub-body. Two/ three tone, asal tidak dalam satu bidang body, Stiker (grafis minimalis, cutting sticker, digital print, logo) diperbolehkan, diutamakan konsep Thailand.
9. Kaki-kaki "terbatas" dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus variasi toko / plug and play dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus menggunakan CVT tertutup (tanpa lubang)
10. Aplikasi pengereman maksimal single disc dpn dan single disc belakang sebelah kanan.
11. Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.
12. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
13. Perubahan diameter roda diperbolehkan, namun harus memakai ban non slick, baik standar pabrik/variasi. Tanpa ruji pelintir.
14. Aplikasi asesoris dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris Mothai akan menambah point penilaian.
15. Aplikasi monel, emblem, swarovsky tidak diperbolehkan.
FASHION DAILY BEBEK/SPORT
1. Untuk motor modifikasi hasil kreasi modifikator "rookies category", khusus tipe bebek, & sport yang dimodif minimalis style harian (Digabung antara bebek & sport. Matic dilarang ikut kelas ini).
2. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
3. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
4. Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau poles.
5. Maks bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix & match ataupun bold on.
6. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
7. Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp.
8. Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total tidak diperbolehkan.
9. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
10. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
11. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan pelek variasi.
12. Modifikasi kaki harus konvensional, monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
13. Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
14. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
15. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
16. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”.
FASHION DAILY MATIC
1. Untuk motor modifikasi hasil kreasi modifikator "rookies category", khusus tipe matic yang dimodif minimalis style harian (Khusus untuk motor matic. Motor bebek & sport dilarang ikut kelas ini).
2. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
3. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
4. Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau poles.
5. Maks bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix & match ataupun bold on.
6. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
7. Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp.
8. Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total tidak diperbolehkan.
9. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
10. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
11. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan pelek variasi.
12. Modifikasi kaki harus konvensional, monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
13. Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
14. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
15. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
16. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”.
STREET RACING SPORT/BEBEK
1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek / sport model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
7. Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan. krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional.
STREET RACING MATIC
1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, khusus matic model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
7. Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional.
AIRBRUSH OPEN
1. Kelas modif untuk semua jenis motor merek apapun, baik bebek/sport/matic yang diairbrush/cat dengan desain dan aliran bebas, baik grafis, realis, animasi atapun aliran yang lain.
2. Motif bebas, bisa nyata, natural, alami seperti mahkluk hidup ataupun motif striping berstyle bebas (glitter/fostor/tribal/gothic/grafis/technomatrix/streamline graffity dll).
3. Teknis pengecatan/airbrush bebas. (mal, stripping, free hand dll)
4. Pemakaian efek brush diperbolehkan (glitter/fostor dll).
5. Item penilaian terdiri dari semua bagian yang dibrush, dari segi desain, motif yang dipilih, detail, kehalusan gambar, pewarnaan, komposisi dan finishing. Item lain yang dinilai adalah keserasian gambar, alur cerita dalam airbrush (narasi) dan motif-motif yang dipakai serta detail/kehalusan terdiri atas garis-garis, lekukan maupun sambungan antar bagian.
6. Mengutamakan aplikasi penbrush, spray gun, dan teknik realis, "bukan" dengan alat tambahan khusus seperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy, waterslide decal, dll.
7. Tingkat kesulitan dalam menciptakan motif-motif, detail gambar jadi point tersendiri.
8. Pemakaian efek-efek brush, inovasi dan media brush (kaca/bulu/kasa/kain/benang/kapas dll) atau media lain sangat dianjurkan.
CUSTOM MODIFY
1. Kelas modif untuk motor tipe bebek/cub, sport, & matic.
2. Rangka, mesin tetap standar/orisinil dan tidak diubah secara frontal. Sub frame/rangka tambahan boleh di-rekonstruksi.
3. Diutamakan bagi motor modif dengan "stereotif bentuk sebuah motor bebek, sport, & matic.” Modifikasi model ayago diperbolehkan. Modifikasi model Retro Kustom seperti Vintage style, Oldskool, Chopper, Bobber, Jap Style, disarankan tidak ikut kelas ini.
4. Mesin, komponen pendukung dan komponen lain bisa dimodifikasi atau diganti variasi.
5. Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
6. Bodi boleh dirombak, namun untuk harus tetap berbentuk akhir sesuai jenis (misal : tipe bebek harus masih kelihatan bodi/kesan bebeknya) atau dilarang transsexual (bebek menjadi sport, maupun sport menjadi bebek)
7. Bodi fiber atau plat diperbolehkan, kecuali custom 3D.
8. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc.
9. Dobel cakram tiap pelek diperbolehkan.
10. Multikaliper dan multikarbu tidak diperbolehkan.
11. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak harus konvensional.
12. Monoarm pabrik, suspensi, dan kaki limbah moge diperbolehkan.
13. Swingarm, fork hand made diperbolehkan asal berkonstruksi konvensional, seperti swingarm extended, banana dobel arm, springer fork atau garpu/up side down custom (kondom/sok dibalik).
14. Penggerak orbital/gardan/TTS/cantilever/transfer sytem baru "tidak" diperbolehkan, kecuali V-belt dan timing belt diperbolehkan.
15. Aplikasi pelek handmade diperbolehkan selama konstruksinya konvensional dan harus menggunakan ban sepeda motor (non mobil)
16. Khusus untuk model ceper “tidak dinilai ground clearance-nya.”
17. Pemakaian konstruksi sistem pengereman non konvensional dilarang. Contohnya: BIB, dll.
18. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.
19. Penggunakan IBE tidak diperbolehkan.
20. Multi tacho dan multi gauge diperbolehkan.
RETRO MODIFY / JAPSTYLE
1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis / type motor bebek dan sport, yang sudah mengalami perombakan dari standarnya dengan konsep modif Retro dan Jap's Style.
2. Konsep dan desain harus jelas. Bisa mengaplikasi body custom made berbahan fiber glass/plat.
3. Gaya yang dianut aliran Jap's Style, street cub, choppy cub, brat style, tracker, bobber, café racer, old school, scrambler, dll.
4. Diperuntukan bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna, terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif dan komposisi/keserasian model Jap's Style / retronya diutamakan.
5. Harus menggunakan rangka/chasis motor bukan handmade total, dimana minimal mempertahankan main frame, namun sub frame boleh dikonstruksi atau dibuat ulang.
6. Kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, single sided arm & fork serta penggerak system baru tidak diperbolehkan, penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan dari atau eks-standar motor besar boleh digunakan.
7. Boleh mengaplikasi pelek handmade selama konstruksinya konvensional, diperbolehkan menggunakan ban eks. mobil selama mendukung konsep Jap's Stylenya, diperkenankan menggunakan unit cakram konvensional maksimal 2 lingkar sisi depan dan 2 lingkar sisi belakang dengan satu kaliper di setiap piringan cakramnya (Buell dan BIB diperbolehkan). Khusus penggerak drive belt dan timing belt diperbolehkan.
8. Mengutamakan modifikasi dari kaum Jap's Styler / Retrois yang unik dan estetik, terutama dari segi konsep/desain dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan).
9. Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi, trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.
RETRO KUSTOM OPEN
1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis motor (bebek, sport, matic, vespa) yang sudah mengalami perombakan dari standarnya atau dirombak total/custom dengan konsep kustom klasik/retro style.
2. Konsep dan desain harus jelas, boleh ganti kelamin/transeksual. Bisa mengaplikasi body custom berbahan fiber glass/plat.
3. Gaya yang dianut aliran Kustom klasik bebas, boleh jap’s style, old school, street tracker, board tracker, brat style, choppy cub, vintage retro, bobber, cafe racer dll.
4. Diperuntukan bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna, terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif dan komposisi/keserasian model klasik/retro kustomnya diutamakan.
5. Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi, trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.
6. Rangka/chasis boleh mengaplikasi rangka orsi kustom, rangha motor lain atau bikinan sendiri (custom/handmade)
7. Kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, single sided arm & fork serta penggerak system baru tidak diperbolehkan, Penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan eks. standar motor bisa dipakai.
8. Boleh mengaplikasi pelek handmade selama konstruksinya konvensional, diperbolehkan menggunakan ban eks. mobil selama mendukung konsep retronya, diperkenankan menggunakan unit cakram konvensional maksimal 2 lingkar sisi depan dan 2 lingkar sisi belakang dengan satu kaliper di setiap piringan cakramnya (Buell dan BIB diperbolehkan). Khusus penggerak drive belt dan timing belt diperbolehkan.
9. Khusus drive belt, timing belt dan girboks tambahan diperbolehkan.
10. Limbah moge diperbolehkan, multi cakram, multikarbu, multi kaliper diperbolehkan.
11. Boleh menggunakan bodypart dan lampu merek apapun.
12. Mengutamakan modifikasi dari kaum retro/kustom lover yang unik dan estetik, terutama dari segi konsep/desain dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Mengutamakan performa universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah masalah modifikasi motor.
13. Layak jalan dan fungsional.
THE BEST CATEGORY:
1.THE BEST MOTHAI MATIC
Penghargaan yang diberikan kepada motor berbasic matic dengan konsep modifikasi Motor Thailand Style yang terbaik, terapi, dan serasi.
2.THE BEST MOTHAI BEBEK
Penghargaan yang diberikan kepada motor berbasic bebek dengan konsep modifikasi Motor Thailand Style yang terbaik, terapi, dan serasi.
3.THE BEST MOTHAI SPORT
Penghargaan yang diberikan kepada motor berbasic sport dengan konsep modifikasi Motor Thailand Style yang terbaik, terapi, dan serasi.
4.THE BEST CAFE RACER
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi racing klasik Eropa Era 1960-an dengan model serta desain terbaik, terapi, serasi dan sesuai pakem.
5.THE BEST CHOPPY CUB
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi kustom chopper berbasis bebek aliran frontal Japanese style yang terbaik, terapi, dan serasi.
6.THE BEST STREET CUB
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi bebek kustom harian Japanese style yang terbaik, terapi, serasi dan sesuai pakem.
7.THE BEST OLD SCHOOL
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi retro klasik frontal yang terbaik, terrapi, serasi dan sesuai pakem.
8.THE BEST SCRAMBLER
Penghargaan yang diberikan kepada motor kustom dengan konsep modifikasi adventure klasik dengan konsep terbaik, terapi, serasi dan sesuai pakem.
9.THE BEST STREET/FLAT TRACKER
Penghargaan yang diberikan kepada motor konsep modifikasi Japanese style paduan tracker dan motor jalanan ber-ground clearance tinggi dengan desain serta konsep yang terbaik, terapi, dan serasi sesuai pakem
10.THE BEST CHOPPER/BOBBER
Penghargaan yang diberikan kepada motor kustom konsep modifikasi Chopper baik aliran American, Japanese, European, baik model pro street, gooseneck, cruiser, Scandinavian, softail, drag style, bagger, techno dengan konsep terbaik, terapi, dan serasi.
11.THE BEST STREET FIGHTER
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi naked Street Fighter (non fairing) yang terbaik, terapi, dan serasi.
12.THE BEST SPORT FAIRING
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi Sport Fairing yang terbaik, terapi, dan serasi.
13.THE BEST ENGINE LOOK
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan modifikasi tampilan luar di sektor mesin yang terbaik, terapi, serasi, dan paling detail. Boleh memakai part after market maupun part dari mesin merk lain. Penilaian hanya pada bagian asesoris luar yang terlihat saja, bukan dari performa power output mesin.
14.THE BEST ACCESORIES
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan aplikasi asesoris after market terbaik, terapi, dan serasi.
15.THE BEST KUSTOM ACCESORIES
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan aplikasi asesoris kustom handmade terbaik, terapi, dan serasi.
16.THE BEST STICKER ON GRAPHIC
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan cutting sticker/digital print sticker terbaik.
17.THE BEST PARTICLE PAINT
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan finishing cat partikel terbaik.
18.THE BEST GRAPHIC AIRBRUSH
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan cat dan finishing airbrush grafis terbaik.
19.THE BEST REALIST AIRBRUSH
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan cat dan finishing airbrush realis terbaik.
20.THE BEST CUSTOM OEM BODY WORK
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan olahan body work kustom terbaik dan serasi yang masih memakai perangkat body asli pabrikan/OEM (Original Equipment Manufacture).
21.THE BEST CUSTOM BODY WORK
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan olahan body work kustom handmade terbaik, terapi, dan serasi. Boleh memakai bahan fiberglass, plat, dll.
22.THE BEST CUSTOM DRESS UP UNDERCARRIAGE
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan modifikasi kaki-kaki dari limbah motor gede(moge) atau motor jenis lain yang terbaik, terapi, dan serasi. Boleh memakai velg & ban mobil.
23.THE BEST CUSTOM UNDERCARRIAGE
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan modifikasi kaki-kaki kustom handmade terbaik, terapi, dan serasi.
24.THE MOST PEOPE CHOICE
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan jumlah kupon pilihan penonton terbanyak. Kupon dapat dibeli dari ticket yang dijual oleh panitia. Setiap pendaftar kontes berhak mendapatkan 2 kupon Most People Choice.
25.THE HOTTEST FASHION STYLE
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi Fashion(mothai, fashion daily, funky, dll) yang terbaik, terapi, serasi, dan terlengkap dengan konsep modifikasi yang jelas dan lugas. Rangka wajib/harus original pabrikan, tidak boleh dipotong sama sekali.
26.THE HOTTEST RACING STYLE
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi Racing(street racing, drag style, road race style, dll) yang terbaik, terapi, dan serasi. Rangka bebas dipotong, juga diperbolehkan bikin rangka baru.
27.THE HOTTEST CUSTOM STYLE
Penghargaan yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi Custom(retro modify, japstyle, custom modify, retro custom, dll) yang terbaik, terapi, serasi, dan terlengkap dengan konsep modifikasi yang jelas dan lugas. Rangka bebas dimodifikasi baik dengan dipotong ataupun bikin rangka baru.
28.THE KING OF UMY OTOCONTEST 2016
Penghargaan tertinggi yang diberikan kepada motor dengan konsep modifikasi paling terbaik, terapi, terserasi, dan terlengkap di berbagai sektor dengan konsep modifikasi yang jelas dan lugas.
0 comments:
Post a Comment