REGULASI MODIFORCE JOGJA
SABTU 10 DESEMBER 2016 – JOGJA EXPO CENTER
YOGYAKARTA
klik link ini untuk Download Regulasi Modiforce Jogja 2016
KETENTUAN UMUM
1. Terbuka
untuk umum, perseorangan ataupun klub.
2. Penilaian lomba diutamakan
pada penampilan/performa luar, murni showbike.
3. Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh
diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB). Khusus kelas RetroKustom bisa memakai rangka
baru atau buatan sendiri (handmade), dan boleh mengambil rangka merek lain atau
dicustom ulang.
4. Panitia tidak menyediakan peralatan
bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen /
variasi dalam situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan
motornya.
5. Pada saat lomba, semua motor yang
terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutak-atik, dibawa keluar
area penjurian atau dibawa pulang, kecuali
terjadi force majeure.
6. Peserta "dilarang keras
menyalakan/menghidupkan mesin" motor selama lomba. Kecuali untuk test jalan/scrutineering dan
pemotretan.
7. Motor peserta yang dibawa keluar arena
lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan
dinilai.
8. Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan
kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan
barang-barang psikotropika.
9. Dilarang merokok dan wajib menjaga ketertiban
serta kebersihan arena kontes.
10. Peserta wajib ikut technical meeting yang
ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima
protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.
11. Baik yang hadir dan/atau tidak
selama technical meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan
juri.
12. Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang
berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak
bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam
bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa
diganggu gugat.
13. Dewan juri tidak ada
hubungannya dengan rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal
untuk peserta selama kontes berlangsung.
KETENTUAN KHUSUS
1. Regulasi ini
adalah regulasi standar milik Ototrend. Dilarang keras mengutip, menyalin,
mengcopy ataupun 'memodifikasi' tanpa ijin tabloid Ototrend. Pihak-pihak yang
ingin menggunakannya diwajibkan menghubungi redaksi Ototrend dan harus menjalin
bekerja sama dengan Ototrend. Memakai tanpa ijin, adalah pencurian intelektual.
2. Semua motor “wajib”
didokumentasikan/diphoto oleh fotografer tabloid Ototrend - Jawa Pos / Indopos
Group. Jika menolak, panitia berhak mendiskualifikasi. Untuk kepentingan
publikasi, pemotretan dan liputan, seluruh motor peserta kontes sepenuhnya
menjadi hak milik Ototrend Media Group.
3. Panitia /
dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan
asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang
pindah/ganti kelas dijamin menang / kalah.
4. Seluruh peserta wajib mengisi
dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical
meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
PELAKSANAAN & PENDAFTARAN
1. Kontes/show digelar hari Sabtu, 10
Desember 2016.
2. Tempat pendaftaran kontes/show di Hall
Parkir Jogja Expo Center Yogyakarta.
3. Untuk peserta dari luar kota yang tidak
bisa mendaftar langsung ke lokasi, bisa mendaftar via telpon / fax / online dan
transfer bank dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan
kelas diikuti. Namun jika terlambat saat
loading in, tetap dikenakan pengurangan point.
4. Panitia tidak menerima penambahan pendaftaran baru pada saat lomba.
5. Jumlah peserta tidak terbatas untuk semua kelas. Setiap motor hanya diperbolehkan
maksimal ikut dua kelas dalam setiap satu motor.
6. Segala bentuk booking peserta hanya
berlaku jika peserta sudah resmi membayar biaya pendaftaran, baik itu dengan
pendaftaran langsung ataupun via transfer rekening bank.
BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN
1. Biaya pendaftaran semua kelas Rp. 150.000
per kelas / motor.
2. Satu motor hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas,
sesuai regulasi masing-masing kelas.
3. Wajib menyerahkan satu lembar fotocopy
kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy
STNK/BPKB.
4. Untuk motor baru dari dealer yang belum
mendapatkan STNK/BPKB dari pihak samsat/ kepolisian, wajib melampirkan copy
surat keterangan jalan yang berisi spesifikasi motor, nomor mesin dan nomor
rangka.
TECHNICAL MEETING
1. Jumat 9 Desember 2016, pukul 21.00 WIB, di gedung Jogja Expo Center (JEC)
lantai 2.
2. Peserta wajib mengikuti technical meeting.
Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua
ketentuan lomba.
3. Pasca technical meeting, peserta diberi 30
menit waktu untuk pindah kelas / tambah kelas, tetapi tidak boleh mencabut
pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak menerima lagi “ganti/pindah kelas”.
LOADING IN
1. Loading in dimulai hari Jumat 9 Desember 2016 mulai pukul 16.00 sampai
dengan Sabtu 10 Desember 2016 puku 06.00 waktu setempat. Tidak ada dispensasi untuk peserta
luar kota dan tidak ada waktu tambahan untuk bersih-bersih motor, jadi diharap
peserta bisa mempersiapkan waktunya sebaik mungkin.
2. Peserta yang datang lebih dari waktu yang
ditentukan (terlambat) mendapatkan pengurangan 10 point/jam. Peserta yang
terlambat lebih dari waktu dispensasi,
dikenakan pengurangan 50% dari total poin.
3. Check in (memasukan motor ke arena
kontes/show) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
4. Mulai Sabtu 10 Desember 2016 pukul 06.00 waktu setempat motor sudah tertata rapi
dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh
mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.
5. Panitia tidak memberikan dispensasi waktu
terakhir bagi peserta luar kota dan tetap mendapatkan pengurangan poin.
6. Peserta yang terlambat check in hingga batas
waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan
memajang motornya.
7. Peserta yang terlambat/menyatakan mundur,
pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.
SCRUTINEERING
1. Semua mesin motor harus hidup dan bisa
dipakai (layak jalan dan fungsional) melalui discrut dengan test jalan. Noka
dan nosin harus sesuai STNK/BPKB.
2. Semua komponen test jalan seperti fuel,
gas dan rem harus berfungsi sempurna.
3. Sirkuit test jalan berupa trek lurus
sepanjang 50 – 100 meter dengan cone (kondisional).
HAK & KEWAJIBAN PESERTA
1. Mendapatkan fasilitas stiker scrut, stiker
Ototrend/sponsor, T-shirt, marchandize sponsor dll
2. Boleh membawa peralatan bengkel, kit
pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.
3. Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor
sebelum waktu penilaian dengan waktu dan tanda yang ditentukan panitia.
4. Semua peserta memperoleh perlakuan dan hak
sama harus menaati seluruh regulasi / tata tertib yang ada.
5. Peserta diperbolehkan memakai aksesoris
pelengkap/display secara terbatas.
6. Tidak dibenarkan
mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh
team juri.
7. Peserta diperbolehkan berada di sekitar
areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi
tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.
DEWAN JURI & PENJURIAN
1. Penilaian kontes akan dilakukan oleh dewan
juri yang berkompeten di bidangnya, yakni juri senior Ototrend.
2. Panitia / dewan juri berhak memindah motor
/ peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi
modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.
3. Penjurian dilakukan secara terpadu,
komprehensip dengan jadual dan waktu yang telah ditentukan selama kontes
berlangsung.
4. Seluruh peserta wajib mengisi dan
mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical
meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
5. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan
juri dan tidak bisa diganggu gugat.
HASIL LOMBA CLASS CATEGORY
1. Class Category ada 7 kelas, dengan rincian
per kelas terlampir di bawah.
2. Tiap Class Category diambil 5 juara (juara
1, 2, 3, 4, 5).
3. Semua juara akan mendapatkan trophy dan
sertifikat/piagam penghargaan.
4. Uang pembinaan hanya untuk juara 1, 2, dan
3 saja, dengan rincian Juara 1 berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp.
450.000,-. Juara 2 berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 300.000,-. Juara
3 berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 200.000,-.
5. Pengumuman juara hari Sabtu 10 Desember
2016 pukul 18.00 waktu setempat.
CLASS CATEGORY*
1.
MOTHAI OPEN
2.
STREET RACING SPORT & BEBEK
3.
STREET RACING MATIC
4.
FASHION DAILY MATIC
5.
FASHION DAILY SPORT & BEBEK
6.
AIRBRUSH OPEN
7.
CUSTOM MODIFY
HASIL LOMBA THE BEST CATEGORY
1. The Best Category ada 20 buah
Trophy dengan rincian tiap The Best terlampir dibawah.
2. Tiap The Best Category hanya
diambil 1 juara (The Best) saja.
3. Semua juara (The Best) akan
mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan.
4. The Best Category tidak ada
uang pembinaan.
5. Peserta yang sudah mendaftar
di Class Category maka otomatis sudah terdaftar dalam penjurian 20 The Best
Category tanpa harus mendaftar lagi.
6. Jika ada peserta yang hanya
ingin mengikuti di The Best Category saja(tanpa mendaftar dalam Class Category)
tetap diperbolehkan, namun untuk pendaftarannya cukup mendaftar satu kali saja
sebesar Rp. 150.000,-/motor, maka motor akan masuk daftar penjurian untuk
memperebutkan 20 trophy The Best Category.
7. Pengumuman juara hari Sabtu 10
Desember 2016 pukul 17.00 waktu setempat.
THE BEST CATEGORIES*
1.
THE BEST NOVICE MOTHAI LOCAL AB
2.
THE BEST NOVICE STREET RACING BEBEK/SPORT
LOCAL AB
3.
THE BEST NOVICE STREET RACING MATIC LOCAL
AB
4.
THE BEST NOVICE FASHION DAILY BEBEK/SPORT
LOCAL AB
5.
THE BEST NOVICE FASHION DAILY MATIC LOCAL
AB
6.
THE BEST NOVICE AIRBRUSH OPEN LOCAL AB
7.
THE BEST NOVICE CUSTOM MODIFY LOCAL AB
8.
THE BEST CB MODIFY
9.
THE BEST RX KING MODIFY
10. THE
BEST STRICKER ON GRAPHIC
11. THE
BEST BODY ART
12. THE
BEST GRAPHIC AIRBRUSH
13. THE
BEST REALIS AIRBRUSH
14. THE
BEST UNDERCARRIAGE
15. THE
BEST ACCESSORIES
16. THE
BEST SPORT MODIFY
17. THE
BEST BEBEK MODIFY
18. THE
BEST MATIC MODIFY
19. THE
MOST PEOPLE CHOICE
20. THE
KING OF MODIFORCE 2016
*Rincian
per Class Category ada dibawah
RINCIAN REGULASI PER KELAS
CLASS CATEGORY:
MOTHAI
OPEN
1. Kelas modif untuk motor bebek, sport
& matic, yang dimodif minim, bergaya modif Thailand Style.
2. Model/style bebas, termasuk daily use
style atau daily street racing.
3. Item penilaian : performa semua bagian
motor, inovasi, tema, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, trend,
inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal gaya Thailand
Style.
4. Maksimal “bodi masih orsi motor"
dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
5. Transfer body / kawin silang “body part”
dengan varian lain tidak diperbolehkan.
6. Lampu dan kedok depan tidak boleh
dicustom, diganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol dan wajib
dipasang lampu. Spesifikasi modif
“safety riding”, wajib memasang spion dan platnom.
7. Dilarang mengcustom/bor/coak atau
memotong body, kecuali untuk media pembantu pemasangan asesoris (stabiliser,
selang oli/bahan bakar), maksimal
diperbolehkan melepas part/sub body (90 persen body utuh)
8. Cat ulang diperbolehkan, warna polosan
tanpa grafis, boleh beda warna per sub-body. Two/ three tone, asal tidak dalam
satu bidang body, Stiker (grafis minimalis, cutting sticker, digital print,
logo) diperbolehkan, diutamakan konsep Thailand.
9. Kaki-kaki "terbatas"
dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus variasi toko / plug and play dan
tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus menggunakan CVT tertutup
(tanpa lubang)
10. Aplikasi pengereman maksimal single disc
dpn dan single disc belakang sebelah kanan.
11. Khusus matic, tidak boleh berkaki
molor/low rider.
12. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda
motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil
tidak diperbolehkan.
13. Perubahan diameter roda diperbolehkan,
namun harus memakai ban non slick, baik standar pabrik/variasi. Tanpa ruji
pelintir.
14. Aplikasi asesoris dalam jumlah banyak dan
mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris Mothai akan
menambah point penilaian.
15. Aplikasi monel, emblem, swarovsky tidak
diperbolehkan.
FASHION
DAILY BEBEK & SPORT
1.
Untuk motor modifikasi hasil kreasi
modifikator "rookies category", khusus tipe bebek, & sport yang
dimodif minimalis style harian (Digabung antara bebek & sport. Matic
dilarang ikut kelas ini).
2.
Item penilaian : performa semua bagian
motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend,
inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
3.
Aplikasi aksesori variasi jumlah
banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan
aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
4.
Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau
poles.
5.
Maks bodi utama standart motor dan boleh
melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix &
match ataupun bold on.
6.
Spesifikasi modif “safety riding”, wajib
pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
7.
Diharuskan ada headlamp, signlamp dan
stoplamp.
8.
Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara,
xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total
tidak diperbolehkan.
9.
Stiker standar pabrik bisa dikelupas,
boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
10.
Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang
tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik
asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
11.
Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi.
Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris,
upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan
pelek variasi.
12.
Modifikasi kaki harus konvensional,
monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah
ber-monosok.
13.
Pengereman dibatasi : maksimal single
cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak
diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
14.
Boleh memakai ban standar pabrik /
variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran,
harus menggunakan ban sepeda motor.
15.
Sistem penggerak/kaki-kaki harus
konvensional (harus rantai / cvt belt ).
16.
Jok dan covernya bebas diganti produk
variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak
diperbolehkan”.
FASHION
DAILY MATIC
1.
Untuk motor modifikasi hasil kreasi
modifikator "rookies category", khusus tipe matic yang dimodif
minimalis style harian (Khusus untuk motor matic. Motor bebek & sport
dilarang ikut kelas ini).
2.
Item penilaian : performa semua bagian
motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend,
inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
3.
Aplikasi aksesori variasi jumlah
banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih
mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
4.
Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau
poles.
5.
Maks bodi utama standart motor dan boleh
melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix &
match ataupun bold on.
6.
Spesifikasi modif “safety riding”, wajib
pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
7.
Diharuskan ada headlamp, signlamp dan
stoplamp.
8.
Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara,
xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total
tidak diperbolehkan.
9.
Stiker standar pabrik bisa dikelupas,
boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
10.
Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang
tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik
asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
11.
Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi.
Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris,
upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan
pelek variasi.
12.
Modifikasi kaki harus konvensional,
monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah
ber-monosok.
13.
Pengereman dibatasi : maksimal single
cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak
diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
14.
Boleh memakai ban standar pabrik /
variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran,
harus menggunakan ban sepeda motor.
15.
Sistem penggerak/kaki-kaki harus
konvensional (harus rantai / cvt belt ).
16.
Jok dan covernya bebas diganti produk
variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak
diperbolehkan”.
STREET
RACING SPORT & BEBEK
1. Kelas khusus motor modif aliran racing
harian / racing funky, bisa bebek / sport model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin.
Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan
showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Nosin dan noka tidak boleh diganti
(harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau
mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4. Model racing harian, harus dilengkapi
body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5. Part body boleh diganti dengan teknik
pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit
cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap
cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
7. Finishing body maksimal grafis
minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan
rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan. krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali
sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
9. Pemakaian komponen racing dan variasi
seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep,
diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan
menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai
pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
11.
Pemakaian pelek jeruji minim wajib
36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir
diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan
jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok
maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional.
STREET
RACING MATIC
1. Kelas khusus motor modif aliran racing
harian / racing funky, khusus matic model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin.
Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan
showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Nosin dan noka tidak boleh diganti
(harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau
mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4. Model racing harian, harus dilengkapi
body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5. Part body boleh diganti dengan teknik
pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit
cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap
cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
7. Finishing body maksimal grafis
minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan
rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali
sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
9. Pemakaian komponen racing dan variasi
seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep,
diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan
menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai
pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
11.
Pemakaian pelek jeruji minim wajib
36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir
diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan
jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok
maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional.
AIRBRUSH
OPEN
1. Kelas modif untuk semua jenis motor
merek apapun, baik bebek/sport/matic yang diairbrush/cat dengan desain dan
aliran bebas, baik grafis, realis, animasi atapun aliran yang lain.
2. Motif bebas, bisa nyata, natural, alami
seperti mahkluk hidup ataupun motif striping berstyle bebas
(glitter/fostor/tribal/gothic/grafis/technomatrix/streamline graffity dll).
3. Teknis pengecatan/airbrush bebas. (mal,
stripping, free hand dll)
4. Pemakaian efek brush diperbolehkan
(glitter/fostor dll).
5. Item penilaian terdiri dari semua
bagian yang dibrush, dari segi desain, motif yang dipilih, detail, kehalusan
gambar, pewarnaan, komposisi dan finishing. Item lain yang dinilai adalah
keserasian gambar, alur cerita dalam airbrush (narasi) dan motif-motif yang
dipakai serta detail/kehalusan terdiri atas garis-garis, lekukan maupun
sambungan antar bagian.
6. Mengutamakan aplikasi penbrush, spray
gun, dan teknik realis, "bukan" dengan alat tambahan
khusus seperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy, waterslide decal,
dll.
7. Tingkat kesulitan dalam menciptakan
motif-motif, detail gambar jadi point tersendiri.
8. Pemakaian efek-efek brush, inovasi dan
media brush (kaca/bulu/kasa/kain/benang/kapas dll) atau media lain sangat
dianjurkan.
CUSTOM
MODIFY
1. Kelas modif untuk motor tipe bebek/cub,
sport, & matic.
2. Rangka, mesin tetap standar/orisinil
dan tidak diubah secara frontal. Sub frame/rangka tambahan boleh
di-rekonstruksi.
3. Diutamakan bagi motor modif dengan "stereotif
bentuk sebuah motor bebek, sport, & matic.” Modifikasi model ayago
diperbolehkan. Modifikasi model Retro Kustom seperti Vintage style, Oldskool,
Chopper, Bobber, Jap Style, disarankan
tidak ikut kelas ini.
4. Mesin, komponen pendukung dan komponen
lain bisa dimodifikasi atau diganti variasi.
5. Item penilaian : performa semua bagian
motor, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris,
kelistrikan, trend, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
6. Bodi boleh dirombak, namun untuk harus
tetap berbentuk akhir sesuai jenis (misal : tipe bebek harus masih kelihatan
bodi/kesan bebeknya) atau dilarang transsexual (bebek menjadi sport, maupun
sport menjadi bebek)
7. Bodi fiber atau plat diperbolehkan,
kecuali custom 3D.
8. Kaki-kaki “terbatas”
dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal
pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga
disc.
9. Dobel cakram tiap pelek
diperbolehkan.
10. Multikaliper dan multikarbu tidak
diperbolehkan.
11. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak
harus konvensional.
12. Monoarm pabrik, suspensi, dan kaki limbah
moge diperbolehkan.
13. Swingarm, fork hand made diperbolehkan asal berkonstruksi
konvensional, seperti swingarm extended, banana dobel arm, springer fork atau
garpu/up side down custom (kondom/sok dibalik).
14. Penggerak orbital/gardan/TTS/cantilever/transfer
sytem baru "tidak"
diperbolehkan, kecuali V-belt dan timing belt diperbolehkan.
15. Aplikasi pelek handmade diperbolehkan
selama konstruksinya konvensional dan harus menggunakan ban sepeda motor (non
mobil)
16. Khusus untuk model ceper “tidak dinilai
ground clearance-nya.”
17. Pemakaian konstruksi sistem pengereman
non konvensional dilarang. Contohnya: BIB, dll.
18. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah
banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.
19. Penggunakan IBE tidak diperbolehkan.
20. Multi tacho dan multi gauge
diperbolehkan.
0 comments:
Post a Comment